Assalamu'alaikum wr. wb.

Pada suatu masa, ada seseorang yang datang kerumah saya. Beliau menceritakan penderitaan keluarganya. Tentang anaknya yang belum bayaran sekolah, tentang keluarganya yang selalu dicemooh orang karena banyak hutang, tentang istrinya yang belum makan sampai 2 hari. Beliau bersepeda dari rumahnya di bilangan Tebet sana ke rumah saya di daerah Cengkareng. Subhanalloh !

Sahabat Gapakin ...
Mendengar cerita tersebut, sungguh membuat saya terdiam. Saya tahu, beliau belum lama memeluk Islam, baru sekitar 2 tahun belakangan ini. Dan beliau istiqomah dengan pilihannya. Dan yang dia dapat adalah cobaan dan ujian yang bertubi-tubi. Alloh benar-benar menguji keimanan beliau.

" Akhi, sabarlah dalam mendapat ujian Alloh ini. Insya Alloh antum akan diangkat derajatnya oleh Alloh " hanya kata itu yang bisa saya ucapkan.

" Afwan akhi, ana sudah ke beberapa Ustadz, Kiai dan teman-teman, keluarga ana tidak akan kenyang dengan kata-kata tersebut. Ana sendiri sudah terlalu kenyang dengan hiburan seperti itu. Yang ana butuhkan saat ini adalah pekerjaan. Ana sudah lakukan apa saja untuk mendapatkan uang halal. Ana butuh kepastian. Ana butuh pekerjaan tetap ! "

Deg ! Sungguh, kata-kata tersebut membuat hati saya campur aduk. Sedih mendengar ceritanya, bingung mesti berkata apa lagi, kasihan mebayangkan derita keluarganya dan marah pada diri sendiri karena tidak dapat membantu saudara seiman yang sedang ditimpa kesulitan.

Seandainya, yah .... seandainya saja setiap muslim yang mampu mau berzakat minimal memberikan infaqnya. Dan setiap zakat dikelola dengan baik dan tidak dikorupsi. Subhanalloh berapa milyar dana umat yang bisa dimanfaatkan. Berapa lapangan kerja yang bisa diberikan. Karena sekarang ini jumlah pengangguran semakin bertambah dan akan terus bertambah.

Mari kita berikan mereka pancing, hingga mereka dapat mencari ikan sendiri. Karena jika kita hanya memberikan ikan, cukup sampai disitu saja kebahagian yang mereka dapat. Bahkan jika perlu mari kita berikan mereka sampan hingga mereka makin banyak mendapatkan ikan dan makin banyak saudara-saudara mereka yang dapat mereka bantu pula. 

Jadi .. tunggu apa lagi !

Posting Komentar

 
Top