Salamah Bin Al Akwa' ....

Dalam perang Dzi Qarad, Salamah seorang diri mampu menghalau tentara yang menyerang luar kota Madinah di bawah pimpinan Uyainah bin Hishan Al-Fizari.

Ketika pasukan Uyainah dalam perjalanan, Salamah pergi membuntuti mereka seorang diri karena pasukan kaum muslimin masih belum tiba. Lalu ia memerangi dan menghalau mereka dari Madinah, hingga akhirnya datanglah Nabi Saw. membawa bala bantuan yang terdiri dari sahabat-sahabatnya.

Maka tak heran jika pada suatu hari Rasulullah mengatakan kepada para sahabatnya: - "Tokoh pasukan jalan kaki kita yang terbaik ialah Salamah bin Akwa'.....!"

Ya.... dialah Salamah. Tokoh paling mahir dalam peperangan jalan kaki, dan dalam memanah serta melempar tombak dan lembing. Siasat yang dijalankannya serupa dengan perang gerilya, yang kita jumpai sekarang ini. Jika musuh datang menyerang, ia menarik pasukannya mundur ke belakang. Tetapi bila mereka kembali atau berhenti untuk istirahat, maka diserangnya mereka .....!

.......Sewaktu Utsman r.a.. dibunuh orang, pejuang yang perkasa ini merasa bahwa api fitnah telah menyulut kaum muslimin, maka.... ia...seorang yang telah menghabiskan usianya selama ini bahu membahu dengna saudara seagamanya, tidak sudi berperang menghadapi saudara seagamanya....!

Benar, ia merasa tidak pada tempatnya menggunakan keahliannya untuk memerangi atau membunuh orang-orang mu'min sendiri. Maka ia melakukan hijrah ke Rabdzah..... kampung yang juga dipilih oleh Abu Dzar.

Posting Komentar

 
Top